//
you're reading...
Uncategorized

Jurnal Pertemuan V

BAB III

METODE PENELITIAN

  1. A.     METODE PENELITIAN

Desain Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menurut Sugiyono (2008:14) adalah pendekatan berdasarkan pada filsafat positivisme, yang digunakan  untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel biasanya dilakukan dengan cara random, engumpulan data dengan menggunakan instrument penelitian tertentu, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic yang bertujuan menguji hipotesis yang sudah ditetapkan.

Meted penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Metode deskriptif digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara actual dan cermat, sedangkan metode korelasional digunakan untuk meneliti sejauh mana hubungan antara dua variable atau lebih (Sugiyono 2008:57)

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic parametric karena kelompok yang akan diukur merupakan data interval dan cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan cara simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan Kolerasi Pearson Product Moment.

1)      Citra Merek “Ngopi Doeloe”

Definisi citra merek yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian konsumen Kafe “Ngopi Doeloe” terhadap manfaat ataupun atribut merek “Ngopi Doeloe” dilihat dari kekuatan asosiasi merek (strength of brand association), keunggulan asosiasi merek (favorability of brand association), dan keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association).

Peneliti mengembangkan definisi citra merek menjadi sebuah instrument penelitian dalam bentuk kuesioner citra merek dengan item-item pernyataan berupa data ordinal yang akan diukur menggunakan skala Likert dan teknik analisis data Kolerasi Pearson Product Moment.

POPULASI

Populasi menurut (Sugiyono, 2008:117) adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung yang berusia minimal 15 tahun dan pernah datang ke Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung minimal sebanyak dua kali. Terdapat lima gerai Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung, dimana lima gerai tersebut berada di Jalan Hasanudin No. 7, Jalan Teuku Umar No. 5, Jalan Purnawarman No. 24-26, Jalan Burangrang No. 27, dan Jalan Ranggamalela No. 6-8 dengan populasi penelitian adalah pelanggan Kafe “Ngopi Doeloe” Bandung.

Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik responden Kafe”Ngopi Doeloe” Bandung adalah sebagai berikut :

Karakteristik Responden

Jenis Kelamin

Usia

Pekerjaan

Intensitas Kunjungan

Pria

44%

Wanita

56%

< 15 tahun

15-30 tahun

95%

31-45 tahun

5%

> 45 tahun

0%

Pelajar/ mahasiswa

73%

Pegawai Negeri

3%

Pegawai Swasta

11%

Ibu Rumah Tangga

0%

Wiraswasta

11%

Lain-lain

2%

1-2 kali

46%

3-4 kali

15%

5-6 kali

9%

Lain-lain

30%

Tugas ini diberikan kepada  http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Nama : Nazar Akbar

NPM  : 12209996

Kelas : 3EA13

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: