//
you're reading...
Uncategorized

METODE RISET (3)

BAB 1

Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Bank Internasional Indonesia Syariah Cabang Bekasi

A. Latar Belakang Penelitian

Fenomena

Saat ini setiap perbankan syariah menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif yang dapat tetap bertahan atau eksis. Salah satu upaya menciptakan keunggulan kompetitif yang dapat dilakukan oleh perbankan syariah adalah dengan mengembangkan pelayanan pelanggan yang baik. Pelayanan pelanggan bukan sekedar keunggulan kompetitif, pada banyak industri, pelayanan pelanggan adalah ujung tombak yang membuat suatu industri bisa bertahan dalam dunia persaingan yang semakin ketat.

Menurut Hadi Purwanto, 24 Januari 2009, pelayanan dan profitibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Pelayanan yang baik akan berpenganruh terhadap profit dan berkorelasi dengan hasil yang akan didapat sebuah bank. Artinya, pelayanan yang baik akan menciptakan suasana kesinambungan (sustainable).

Jika sebuah bank menginginkan profit yang besar, maka bank harus mendapatkan nasabah yang prospeknya bagus. Tentunya nasabah membutuhkan tingkat pelayanan yang lebih komplit, karena nasabah yang prospeknya baik akan menanamkan atau menyimpan dananya di bank, meminjam atau menginvestasikan uangnya dalam jumlah yang besar dan dengan waktu yang lama.

Berikut ini merupakan hasil peringkat mutu pelayanan bank syariah di Indonesia:

Peringkat Mutu Pelayanan Bank Syariah Tahun 2011

Bank

Score

1.Bank Mandiri Syariah

88.17%

2.Bank Muamalat Indonesia

87.98%

3.Bank Mega Syariah

73.3%

4.Bank BNI Syariah

73.2%

5.Bank BRI Syariah

73.1%

6.Bank Syariah Bukopin

72.7%

7.Bank BTN Syariah

72.6%

8.Bank Danamon Syariah

72.4%

9.Bank CIMB Niaga Syariah

72.1%

10.Bank BII Syariah

70%

 

Sumber : http://www.infobanknews.com/2011/04/10-bank-syariah-yang-memiliki-nasabah-paling-loyal/

Tabel di atas menunjukan Bank Mandiri Syariah sebagai bank yang memiliki tingkat pelayanan nomor satu atau yang terbaik. Sedang Bank BII Syariah menduduki peringkat terakhir dalam survei diatas. Dengan adanya hasil survei diatas, penulis tertarik untuk mengkaji apa yang menjadi penyebabnya.

Dari survei ini, terlihat jelas bahwa pelayanan merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh suatu bank. Akan tetapi,  pelayanan seringkali dianggap sepele oleh beberapa pihak. Padahal tanpa disadari bahwa ada pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh karena perilaku pelayanan dari pihak lain. Selain itu perkembangan praktek perbankan syariah yang minim akan unsur syariah dan penerapan service excellent(pelayanan prima) cenderung akan berakibat yang tidak diinginkan bagi lembaga perbankan itu sendiri. Agar selamat dari hal-hal yang tidak diinginkan, bank-bank syariah dituntut untuk lebih meningkatkan sektor pelayanan terhadap nasabahnya.

B. Rumusan Masalah

             Berdasarakan uraian di atas, maka permasalahan yang akan dibahas pada laporan ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk cabang Bekasi?
  2. Bagaimana hubungan antara kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk cabang Bekasi?

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui:

  1. Pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk Cabang Bekasi
  2. Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah.pada PT. Bank Internasional Indonesia, Tbk Cabang Bekasi.

Nama : Nazar AKbar

Kelas    : 3EA13

NPM      : 12209996

Tugas ini dibuat untuk :

Pak Prihantoro

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: